1st Job Fair Sukses, Pelamar Membludak

10151905_10201078270118461_7263333368561645405_n

GEMA - Sebanyak 36 perusahaan ikut serta dalam kegiatan job fair yang diadakan di lapangan utama UIN Maliki Malang. Kegiatan yang dijadwalkan dua hari itu (18-19/6) menyedot ribuan pelamar, buktinya sejak hari pertama dibuka ribuan pengunjung yang hadir tampak memadati 36 stan job fair.

Rektor UIN Maliki Prof. Dr. H. Mudjia Rahardjo menjelaskan bahwa acara job fair ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan memeriahkan satu dasawarsa UIN Maliki menuju world class university. Selain itu, job fair ini diharapkan mampu memberikan kemudahan bagi para sarjana khususnya lulusan UIN Maliki dalam mencari pekerjaan yang di inginkan. “Job fair ini tidak lain untuk menjembatani antara pelamar dengan pihak perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja,” ungkapnya.

Tidak hanya itu, kata dia, selain job fair panitia juga mengadakan layanan Job Training Center (JTC) sebagai bekal bagi mahasiswa yang hendak turun dalam dunia kerja, sehingga mereka akan lebih siap saat berada di perusahaan. “JTC merupakan wadah bagi mahasiswa untuk mendapatkan pelatihan serta lowongan kerja di perusahaan,” terangnya.

Sementara itu, Direktur PM Organizer sebagai event organizer (EO) pada job fair UIN Maliki Malang Totok Budi H SE, kegiatan job fair yang kali pertama di gelar di UIN Maliki dinilai cukup sukses. Pasalnya, pelamar yang hadir di stand job fair mencapai ribuan pelamar. Selain itu, perusahaan yang ikut dalam event ini pun bermacam-macam, mulai dari yang bertaraf nasional hingga internasional. “Peluang kerja yang dibuka oleh perusahaanpun beraneka ragam diantaranya yaitu teller bank, kepala cabang, supervisor, marketing, hingga manajer oprasional,” ungkapnya.

Untuk proses seleksi karyawan, kata dia, pihak perusahaan yang ikut dalam job fair ini akan melakukan proses seleksi di perusahannya masing-masing. Mengingat jumlah pelamar yang cukup banyak membuat pihak perusahaan juga tidak bisa melakukan proses tes tulis dan interview di stand job fair. “Di stand pendaftaran, perusahaan hanya melakukan input data dari para pelamar job fair saja, untuk proses seleksai akan dilaksanakan di perusahaannya masing-masing,” tandasnya.

Sumber: Gema UIN Maliki